Selasa, 12 November 2013

SEJARAH LINUX DAN DISTRONYA

SEJARAH LINUX
Linux merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Linus Benedick Torvalds, dari universitas Helsinki, Finlandia. Sebagai proyek hobinya mulai tahun 1991, ia menulis linux. Sebuah kernel untuk Prosessor 80386, Prosessor 32 Bit pertama dalam kumpulan CPU Intel yang cocok untuk PC. Baru pada tanggal 14 maret 1994 Versi 1.0 mulai diluncurkan, dan hal ini menjadi alas tonggak sejarah Linux. Linux merupakan clone dari unix, yang telah di port ke beragam platform antara lain intel 80 x 86, Alpha AXP, MIPS, Sparch, Power PC, dan sebagainya. Sekitar 95 % kode sumber kernel sama untuk semua platform perangkat keras.
Ada beberapa macam distro-distro linux, yaitu : Debian GNU/Linux, Ubuntu, Red Hat Linux, Fedora, Slackware, Open S.u.S.E, Turbo
Linux, Knoppix, Rimba Linux, Mandriva, Linux Mandrake, Trustix Merdeka, Trustix Secure Linux, WinBi Linux, Lindows, Linare. Berikut pembahasan tentang distro-distro tersebut.

DISTRO LINUX


DEBIAN GNU / LINUX

Debian adalah sistem operasi berbasis kernel Linux. Debian termasuk salah satu sistem operasi Linux yang bebas untuk dipergunakan dengan menggunakan lisensi GNU. Debian adalah kernel independen, yaitu sistem operasi yang dikembangkan murni tanpa mendasarkan pada sistem operasi yang telah ada. Proyek Debian tumbuh lambat pada awalnya dan merilis versi 0.9x di tahun 1994 dan 1995. Pengalihan arsitektur ke selain i386 dimulai ditahun 1995. Versi 1.x dimulai tahun 1996. Ditahun 1996, Bruce Perens menggantikan Ian Murdoch sebagai Pemimpin Proyek. Dalam tahun yang sama pengembang debian Ean Schuessler, berinisiatif untuk membentuk Debian Social Contract dan Debian Free Software Guidelines, memberikan standar dasar komitmen untuk pengembangan distribusi debian. Dia juga membentuk organisasi "Software in Public Interest" untuk menaungi debian secara legal dan hukum. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di ( http://www.debian.org/ )



UBUNTU

UBUNTU adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. UBUNTU adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. " UBUNTU " berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa”.
UBUNTU cocok sekali digunakan baik untuk desktop maupun server. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer seperti PC ( Intel x86 ), PC 64-bita ( AMD64 ), PowerPC ( Apple iBook dan Powerbook, G4 dan G5 ), Sun UltraSPARC dan T1 ( Sun Fire T1000 dan T2000. UBUNTU menyertakan lebih dari 16.000 buah perangkat lunak, dan untuk instalasi desktop dapat dilakukan dengan menggunakan satu CD saja. Ubuntu menyertakan semua aplikasi standar untuk desktop mulai dari pengolah kata, aplikasi lembar sebar (spreadsheet) hingga aplikasi untuk mengakses internet, perangkat lunak untuk server web, peralatan untuk bahasa pemrograman dan beragam permainan seru. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di ( http://www.ubuntu.org/ )

RED HAT LINUX

Red hat adalah distro yang sangat cukup terpopuler di kalangan pengembang dan perusahaan LINUX. Dukungan – dukungan secara teknis, pelatihan, sertifikasi, aplikasi pengembangan dan bergabungnya para hacker kerdel dan free softwarenya seperti : Alan cox, Michael Johnson, Stephen Tweedie, menjadikan red hat berkembang cepat dan di gunakan pada perusahaan – perusahaan. Poin terbesar dari distro red hat ini adalah Red Hat Package Manager ( RPM ). Untuk mengetahui lebih banyak tentang Red Hat Linux, dapat dilihat di ( http://www.redhat.com/ ).



FEDORA

FEDORA merupakan salah satu lagi distro linux. Tanggal 31 Mei 2008, Fedora 7, versi teranyar dari distribusi gratis yang disponsori oleh Red Hat resmi dirilis. Rilis kali ini menjadi yang pertama kalinya digabungkannya komponen Core dan Extra. Karenanya mulai versi ini nama Fedora diubah tanpa embel-embel Core lagi. Rilis yang diberi nama alias Moonshine ini merupakan rilis pertama dimana seluruh pengembangannya ditangani oleh komunitas. Dan untuk pertama kalinya diperkenalkan Fedora versi LiveCD/DVD. Sampai saat tulisan ini diterbitkan versi fullnya baru tersedia untuk DVD. Sementara untuk versi CD hanya tersedia dalam bentuk livecd berbasis KDE atau Gnome.
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di ( http://fedora.org/ ).



SLACK WARE

Slack ware merupakan distronya PATRICK VOLKERDING yang pertama kali setelah SLS. Slack ware dikenal lebih dekat dengan gaya UNIX. Sederhana, stabil, mudah di cudtom, dan didesain untuk komputer 389/486 atau komputer yang lebih tinggi. Distro ini termasuk distro yang criptic dan manual sekali bagi pemula LINUX. Tapi dengan menggunakan distro ini, para penggunanya dapat mengetahui banyak cara kerja sistem dan distro slack ware tersebut. Debian adalah salah satu distro selain slack ware yang masuk dalam kategori ini. Sebagian besar aktifitas konfigurasi di slack ware dilakukan secara manual (tidak ada tool seperti yast pada S.u.S.E atau pun configurasi pada Red Hat).
Untuk mengetahui informasi lainnya yang lebih banyak, bisa dilihat di (http://www.slackware.com/).



OPEN S.u.S.E

Open S.u.S.E adalah distro yang populer di Jerman dan Eropa terkenal akan dukungan driver VGAnya dan Yast S.u.S.E. tersedia secara komersial dan untuk versi GPLnya dapat diinstall melalui FTP disitus suse. Instalasi berbasis menugrafis dari CD-ROM, disket, boot modular, 400 halaman buku referensi, dukungan teknis, dukungan driver-driver terutama VGA dan TOOL administrasi sistem suse, yast, membuat beberapa pengguna memilih distro ini. Suse juga terlibat dalam pembuatan X Server (video driver) untuk proyek X Free 86 sehingga X Server Distro ini mendukung kartu grafis baru. Suse menggunakan 2 sistem pemaketan yaitu RPM (versi lama) dan SPM, Suse package manager (versi lama). Kita juga bisa melihat info lainnya di ( http://www.suse.com/ )



TURBO LINUX

Turbo Linux menargetkan pada produk berbasis linux bekerja dengan kinerja tinggi untuk pasar work station dan server, terutama untuk penggunaan clustering dan orientasinya ke perusahaan. Beberapa produk-produknya : Turbo Linux work station untuk desktopnya, turbo linux server untuk back end server. Dengan kinerja tinggi terutama untuk penggunaan bisnis di Perusahaan e-commerce dan transaksi B2B (business – to – business) salah satu produknya. Turbo cluster server ditargetkan untuk pembuatan server cluster yang berskala luas dan dapat digunakan 25 cluster node atau lebih. Turbo cluster ini pernah memenangkan poling best web solution dari editor linux jurnal. Enfuzion, salah satu lagi produk yang berbasis pada konsep sederhana dan power ful yang dinamakan “parametric execution” enfuzion akan merubah jaringan komputer perusahaan menjadi super komputer dengan kecepatan tinggi dan “fault tolerant” pengguna produk dan layanan turbo linux terbanyak adalah perusahaan dan perorangan di Jepang dan Asia. Jika ingin mengunjungi situsnya di ( http://www.turbolinux.com/ )



KNOPPIX

KNOPPIX merupakan salah satu distro Linux live-cd yang dapat di jalankan melalui CD-ROM tanpa menginstalnya di hard-disk. Aplikasinya sangat lengkap dan cocok untuk demo atau belajar Linux bagi yang belum mempunyai ruang pada hard-disknya, dapat juga untuk CD rescue. Kelemahan dari knoppix adalah diperlukannya memori yang besar untuk menggunakan modus grafisnya yaitu 96 MB walaupun bisa juga dijalankan pada memori 64 MB dengan swap pada harddisk seperti pengalaman penulis tapi Anda perlu sedikit bersabar. Distro ini berbasis Debian GNU/Linux. Kita bias juga mengunjungi situsnya di (http://www.knoppix.org/)



RIMBA LINUX

RIMBA LINUX merupakan salah satu distro yang dibuat oleh sebagian anggota komunitas dan pengembang Linux Indonesia berbasis pada distro RED HAT. Distro ini ditujukan untuk mesin 486 dan Pentium. Sasarannya adalah pengguna Linux menengah, akademisi, dan warnet.
Mempunyai utilitas berbasis web yaitu rppm dan utilitas lain yang masih dalam tahap pengembangan. Rimbalinux berisi window manager dan aplikasi yang ringan serta dukungan l tsp. Sampai saat ini baru sampai pada versi 1.0 (Leuser) dan sedang dalam tahap pengembangan lebih lanjut ke 1.1. Selengkapnya mengenai Rimba Linux dapat kita lihat di (http://komunitas.rimbalinux.org/).

MANDRIVA

MANDRIVA merupakan distro yang di optimasi khusus untuk mesin pentium dan merupakan distro ( distribusi linux ) yang sangat terfavorit di Indonesia. Distro yang paling cantik, paling sederhana dan mudah dalam penggunaannya sehingga distro ( distribusi linux ) ini sangat cocok bagi para pemula yang ingin merasakan menggunakan didtem operasi linux. Distro MANDRIVA juga tersedia menggunakan bahasa Indonesia. Versi terakhir yang di keluarkan mandriva adalah MANDRIVA versi 2007. Kita bias mengunjungi situsnya di ( http://www.mandriva.org/ ).
LINUX MANDRAKE

LINUX MANDRAKE adalah salah satu distro turunan dari RED HAT LINUX yang menyediakan banyak pengembangan dan aplikasi 'pre-configured' dan didukung banyak bahasa di seluruh dunia. Distro ini dikenal mudah untuk pemula dan cocok untuk kelas desktop tapi tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan platform pada server. Optimasi untuk prosesor kelas Pentium ke atas membuat Linux-Mandrake dapat berjalan dengan baik pada platform tersebut.
Linux-Mandrake tersedia dalam GPL dan PowerPack yang terdiri dari beberapa CD 6+ CD dan aplikasi komersial. CD GPL-nya yang berisi sistem dasar dan aplikasi tersedia gratis melalui situs Linux-Mandrake dalam bentuk iso image. Linux-Mandrake beberapa kali telah memenangkan beberapa penghargaan baik penghargaan 'pilihan', 'product of the year', 'best distro' dan merupakan distro teratas pemakainya pada distrowatch.com. Selengkapnya tentang Linux Mandrake, dapat dilihat di ( http://www.linux-mandrake.com ).
TRUSTIX MERDEKA ( TM )

Trustix Merdeka merupakan distro Linux yang ditujukan untuk pengguna Indonesia dengan mengambil basis dari Trustix Secure Linux.
Distro ini merupakan distro Linux Indonesia yang pertama kali dikembangkan di Indonesia. Keamanan standarnya diset untuk pengguna dekstop ataupun yang baru mengenal Linux. Hampir tidak ada aplikasi server pada distro ini. Beberapa menu, artikel dan dokumentasinya berbahasa Indonesia yang dikembangkan oleh para pengembang Trustix Merdeka dalam proyek penerjemahan i18n dan terbuka untuk umum bagi yang ingin ambil bagian dalam proyek ini. Beberapa fitur-fitur penting dalam Trustix Merdeka (versi 1.2-Raung): X Free86-nya mendukung TTF dan kinerja yang lebih cepat. SWUP, SoftWare UPdater untuk update paket secara aman via Internet. Dukungan anti alias pada KDE.
Tambahan aplikasi rpms dalam direktori terpisah agar bisa diinstal sesuai keinginan. Aplikasi multimedia, pengolah kata dan jaringan yang sudah dipilihkan oleh para pengembang. Menu KDE berbahasa Indonesia. Utilitas manajemen paketnya menggunakan rpm dan format paketnya  rpm. Atau untuk informasi yang selebihnya, bisa dilihat di situs (http://merdeka.trustix.co.id)
TRUSTIX SECURE LINUX ( http://www.trustix.net )

TRUSTIX SECURE LINUX adalah distribusi LINUX dari TRUSTIX yang berorientasi server dengan menitik beratkan kepada masalah keamanan. Beberapa aplikasi dan layanan penting yang disertakan oleh paket standar TSL adalah: Ipsec VPN dengan FreeSWAN Open SSH ,Open BSD FTP Server, Postfix Mail Server, POP3 and IMAP dengan dukungan SSL (SPOP and SIMAP), Apache Web Server yang mendukung WAP, Apache Web Server yang mendukung SSL, PHP Advance Scripting, LDAP, GNU Privacy Guard (GPG). TSL dapat diperoleh secara gratis melalui situsnya atau pembelian melalui eshop.trustix.no maupun melalui reseller terdekat. Anda juga dapat bergabung dalam proyek pembuatan Trustix Secure Linux di trustix.org.


WIN BI LINUX ( http://www.winbi.or.id )

WIN BI adalah Window Berbahasa Indonesia, distro Linux berbahasa Indonesia berbasis Trustix Merdeka hasil kerjasama BPPT dan universitas.
Sistem instalasi, lingkungan desktop grafis KDE, aplikasi e-mail, browser, jaringan, perkantoran, multimedia, grafis, permainan, utilitas lain dan dokumentasi sebagian besar menggunakan bahasa Indonesia.



LINDOWS

LINDOWS masih kalah dibanding Lycoris dalam segi kecantikan tampilan tetapi Lindows telah lebih matang dan telah mencapai versi 4.0. Fasilitas yang menarik dari Lindows adalah Click-n-Run yaitu fasilitas mendapatkan ribuan software Linux yang sudah dikonfigurasi untuk Lindows dengan sekali klik dan proses instalasi ini juga dapat menambahkan shortcut di desktop dan daftar program secara otomatis. Lindows juga merupakan produk komersial.




LINARE

LINARE memiliki distro Linux khusus desktop dan paket CPU yang sudah terinstall Linare. Linare masih jarang terdengar dan merupakan pendatang baru. Linare juga merupakan produk komersial. Berikut ini merupakan contoh tampilan Linare.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar